Bandung, Info Baleendah - Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Disdik Jabar Bersiap Sekolah Tatap Muka SMA Di Jabar, Dimungkinkan Belajar Di Ruang Terbuka

Bandung, Info Baleendah
- Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 telah ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri, Maret lalu.

Pemerintah menyatakan pada tahun ajaran baru Juli 2021, sudah dapat dilakukan dengan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas.

Dinas Pendidikan Provinsi Jabar pun telah mempersiapkan PTM terbatas dengan tetap menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sendiri membawahi 4.966 sekolah, mulai dari tingkat SMA, SMK, SLB negeri maupun swasta.

Dari angka tersebut, hanya 2.200 sekolah yang menyatakan siap melakukan PTM dan kembali ditinjau Disdik Jabar.

Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi, mengatakan pihaknya sudah mengkategorikan klaster sekolah berdasarkan kriteria dan lokasi.

Misalnya, berdasarkan angka kasus positif Covid-19, angka kepadatan penduduk per sekolah, termasuk kondisi sinyal internet di lokasi.

"Sekitar 2.200 yang mengajukan, untuk saat ini kalau kita lihat dengan pengkategorian klaster, ada sekitar 383 kecamatan, yang dikategorikan aman untuk pembelajaran," ucap Dedi Supandi, Minggu (4/4).

Simulasi PTM pun, kata Dedi, sudah dilakukan dengan tujuan menjamin keamanan di kelas. Di antaranya mengenai pengaturan jarak pada saat pembelajaran tatap muka yang mewajibkan penjarakan antarpeserta didik sejauh 1,5 meter. 

"Jadi, kalau satu kelas berisi 36 siswa atau rombongan belajar atau rombel, kalaupun terjadi tatap muka maksimal 18 peserta didik, untuk SMA dan SMK.

Berbeda dengan yang kondisi SLB, kalau SLB dengan ruangan seperti itu hanya terjadi sekitar 5 peserta didik," katanya.

Terkait jam pembelajaran yang harus sesuai dengan aturan, hanya diperkenankan empat jam per rombel dengan dan diberlakukan sistem sif.

Sumber Berita : Tribun Jabar.



Today's matches

Jadwal Live Streaming Football Update



Info Baleendah merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Kirim Tulisan

promo shopee