Info Baleendah - Beberapa kota besar di Indonesia saat ini sudah penuh dengan kabel-kabel yang melintang di langit–langit udara jalanan, termasuk di K

Pemkot Lakukan Penataan Kabel Semrawut ‘Hiasi’ Kota Bandung

Info Baleendah - Beberapa kota besar di Indonesia saat ini sudah penuh dengan kabel-kabel yang melintang di langit–langit udara jalanan, termasuk di Kota Bandung, Jawa Barat.

Mengenai hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan penataan kabel di sejumlah ruas jalan, termasuk di Kawasan Braga, AH Nasution, Ahmad Yani, Riau, dan Dago.

Tentunya penataan ini demi keamanan dan estetika di Kota Bandung.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebut bahwa penataan dikerjakan oleh PT Bandung Infra Investama (BII) yang merupakan BUMD Kota Bandung.

“Hari ini kita mulai aktifasi terutama kita lakukan di Koridor jalan dago, jadi perhari ini mungkin Insya Allah dalam waktu sebulan semua kabel yang ada di Dago sudah turun masuk semua ke dakting (Kotak kabel),” ujar Yana Mulyana di Taman Dago Cikapayang pada Jumat, (17/12/2021).

“Ini demi keamanan juga termasuk demi estetika kota yang lebih baik Insya Allah,” imbuhnya.

Pemkot Bandung Akan Menurunkan Kabel di 13 Ruas Jalan

Pemkot Lakukan Penataan Kabel Semrawut ‘Hiasi’ Kota Bandung
Pemkot Bandung juga berencana akan menurunkan kabel di 13 ruas jalan. Namun menurut Yana, penurunan kabel ini tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari.

“Ada 13 titik, kedepan itu tugas PT BII untuk menurunkan semua kabel menjadi dakting se Kota Bandung,” katanya.

“Nanti sikabelnya akan dibawah ditanam agar tidak semrawut, karna sekarang itu sudah tertanam tidak ada penggalian jadi seolah-olah si peralonnya sudah ada jadi tinggal masukin kabel-kabel makanya bisa cepat,” ujar Yana.

Adapun untuk kabel yang diturunkan akan terbagi menjadi beberapa kelompok, yakni kabel listrik dan kabel telekomunikasi akan dibuatkan dakting terpisah demi faktor keamanan.

“Ada fase penggalian penanaman holdnya, itu yang nanti mungkin saya coba tanya kepada PT BII. Nanti saya lihat di RKP-nya mereka tahun 2022 rencana kerja mereka,” beber Yana.

“Saya berharap yang 13 ini bisa selesai di 2022 Mudah-mudahan yah yang 13 koridor karna itu kiri dan kanan,” lanjutnya.

Sementara itu di lokasi yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana menyebut bahwa dengan adanga penurunan kabel ini juga akan mengurangi kebutuhan tiang yang digunakan.

“Yang diturunkan itu tiang yang horizontal kanan kiri jalan. Tidak akan ada gangguan arus lalu lintas, tidak akan ada penggalian,” kata Yayan.

Mengenai proses penurunan kabel di Jalan Ir H Juanda menurutnya, akan memakan waktu satu bulan sesuai dari instruksi Plt Wali Kota.

“Kalau yang ini (dago) pak Wali minta sebulan beres, dan dilanjutkan dengan titik lainya. Sudah dibangun di 13 titik dari sejak dulu, namun belum diturunkan, nah sekarang penurunan, kalau yang baru di serahkan kepada PT BII,” tandasnya.

Tag:
infobandungkota


Today's matches

Jadwal Live Streaming Football Update



Info Baleendah merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi anda menulis tentang apa pun. Submit tulisanmu secara mandiri Kamu lewat link Berikut Kirim Tulisan

promo shopee